-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Ingin Memulai Karir sebagai HR? Kuasai 6 Hal Berikut Ini

Minggu, 14 Mei 2023

Mengenal Apa itu Human Resources (HR)

Human Resources (HR) adalah bagian yang bertanggung jawab dalam mengelola aspek manuasia pada sebuah organisasi. Seorang human resources akan bertanggng jawab dalam memastikan bahwa organisasi tersebut memiliki sumber daya manusia yang kompeten, terampil dan memiliki dedikasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan suatu organisasi. 

Dalam sebuah organisasi HR memiliki banyak peran dan tanggung jawab. Secara umum menjadi seorang HR biasanya akan bertanggung jawab terhadap;

Rekrutmen dan Seleksi

Kamu akan bertanggung jawab dalam merekrut karyawan dan memastikan bahwa ia memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh organisasi. ini tentu akan menjadi sesuatu yang menantang sebab keberhasilan suatu organisasi dimulai dengan memastikan karyawan yang diterima memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Training dan Pengembangan 

Selain mencari karyawan yang memiliki potensi, kamu juga akan bertanggung jawab dalam mengembangakan setiap karyawan dan memastikan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh setiap karyawan selalu fit dengan kompetensi yang dibutuhkan. Training ini menjadi sangat penting sebab membantu setiap karyawan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan yang dimilikinya.

Kompensasi dan Benefit

Sebagai seorang HR kamu juga akan bertanggung jawab dalam mengelola benefit yang diterima oleh setiap karyawan dari hasil kerja mereka. Kamu akan mengelola kebijakan kompensasi, termasuk penggajian, tunjangan, insentif dan program lainnya.

Hubungan Industrial

Kamu akan bertanggung jawab terhadap hubungan antara manajemen dan karyawan, pemenuhan persyaratan perundang-undangan terkait tenagakerja hinga penyelesaian sengketa apabila diperlukan

Baca Juga : Pasal Aturan Ketenagakerjaan yang Wajib Kamu Kuasai Sebagai HR!

Kepatuhan Terhadap Aturan Pemerintah

Kamu akan bertanggung jawab memastikan bahwa organisasimu telah mengikuti aturan dan kebijakan pemerintah yang berlaku terkait tenaga kerja, termasuk hukum ketenagakerjaan, 

Mengelola data karyawan

Sebagai seorang HR kamu akan bertanggung jawab dalam mengelola catatan karyawan, informasi pribadi dan data lainnya terkait kebutuhan administratif.

Untuk memulai menjadi seorang HR kamu setidaknya harus memiliki background pendidikan yang relevan. jurusan yang biasanya banyak mengisi posisi ini adalah lulusan Psikologi, manajemen atau Hukum.

Meski kamu memiliki kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan, nyatanya menjadi seorang HR bukanlah hal yang mudah. ada begitu banyak kandaidat lainnya yang memiliki kualifikasi yang sama. Olehnya itu kamu harus membekali dirimu sejak dini agar kamu memiliki kompetensi lebih dibanding calon kandidat lainnya.

Kali ini teman karir akan berbagi hal apa saja yang perlu kamu siapkan untuk membantu kamu memulai karir sebagai human resources (HR)

Tips Memulai Karir Sebagai HR Bagi Fresh Graduate

Untuk memulai karir sebagai seorang HR kamu harus membekali dirimu dengan kompetensi yang dibutuhkan, Berikut adalah 6 hal yang perlu kamu siapkan sebelum memulai karir sebagai HR.

Melatih Kemampuan Interview

Kemampuan interview adalah hal dasar yang perlu kamu tingkatkan. Saat memulai karir sebagai HR kemampuan interview ini akan sangat berguna ketika melakukan proses rekrutmen. Perbanyaklah berlatih dan memahami berbagai metode interview.
 
Salah satunya adalah Behavioral Event Interview (BEI), metode interview ini adalah salah satu metode yang bisa kamu gunakan pada proses seleksi karyawan. Metode ini didasarkan pada asumsi bahwa perilaku masa lalu seorang kandidat dapat menjadi indikator yang kuat untuk memprediksi perilaku masa depan.

Kemampuan lainnya yang dapat menunjang kamu selama melakukan wawancara adalah pemahaman terkait gesture atau bahsa tubuh seseorang. dengan kamu memahami bahasa tubuhnya kamu akan mengetahui informasi yang tidak tersampaikan secara langsung, Salah satunya adalah memahami arti dari setiap gerakan matanya.

Ketahui lebih lanjut terkait arti gerakan mata melalui artikel ini : Gerakan Mata Seperti Ini Tunjukkan Kamu Sedang Berbohong!

Dengan memahaminya, kamu akan tau apakah informasi yang disampaikan kandidatmu adalah apa yang sebenarnya dia alami atau dia sedang berusaha untuk memanipulasimu.

Memahami Alat Tes Psikologi

Sebagai seorang lulusan Psikologi yang ingin berkarir di bidang HR, penguasaan alat tes psikologi menjadi hal yang wajib. Pahamilah bagaimana cara memberikan instruksi yang baik dan benar serta interpretasi dari alat tes yang digunakan. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk mengenali personality dan potensi dari kandidat yang akan kamu proses.

Memahami Aturan Ketenagakerjaan

Aturan ketenagakerjaan menjadi rambu-rambu yang harus kamu pahami dalam menjalankan tata kelola dalam organisasi, Pahamilah apa saja hal-hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan dalam mengelola organisasi. Sebagai bekal awal, cobalah pahami UU No 13 Tahun 2003. Selain itu cobalah pahami juga aturan-aturan terbaru yang berkaitan, misalnya saja UU Cipta Kerja kluster ketenagakerjaan / PP 35 Tahun 2021.

Memahami Cara Menyusun & Evaluasi Training

Dalam suatu organisasi umunya terdapat training yang bersifat mandatori dimana setiap karyawan harus mengikuti training tersebut. Selain itu ada juga yang bersifat personal dimana kamu harus berlatih untuk menentukan training apa yang tepat untuk setiap individu dalam organisasimu. sebab kebutuhan pengembangan dalam organisasi biasanya berbeda satu sama lain pada setiap individu.

Cobalah perdalam pemahamanmu terkait analisis kebutuhan dan perancangan pelatihan. hal ini akan membantu kamu untuk menentukan pelatihan apa yang paling tepat dan dibutuhkan oleh setiap individu.

Selain itu, kemampuan dalam mengevaluasi hasil pelatihan tidak kalah pentingnya dalam melaksanakan training itu sendiri. Hasil dari sebuah training atau pengembangan pada karyawan hanya bisa terlihat dampaknya ketika kamu mampu untuk mengevaluasi secara benar.

Salah satu metode evaluasi yang bisa kamu pelajari adalah  4 Level Model Evaluasi Training oleh  Kirkpetrik yaitu reaction (reaksi), learning (pembelajaran), behavior (perilaku) result (hasil).

Mengikuti Training atau Sertifikasi Kompetensi

Dengan mengikuti training tentu kamu akan mendapatkan kesempatan meningkatkan kompetensi yang kamu miliki, apalagi jika pelatihan yang kamu ikuti memang bersumber dari para professional dibidangnya.

Terlebih jika kamu mengikuti sertifikasi kompetensi tentu ini akan menjadi pengakuan nasional terkait kompetensi yang kamu miliki. semua itu akan menjadi nilai lebih buat kamu saat memutuskan untuk mulai berkarir sebagi seorang HR.

Memahami Cara Mengolah Data

Sering kali kita merasa luput bahwa salah satu hal dasar yang akan kita temui dalam dunia kerja adalah mengolah data dalam jumlah besar. Untuk itu siapkanlah dirimu sejak diri dengan berlatih mengolah data.

kamu bisa memulai dengan belajar dan memahami fungsi dari Excel. Sebab jika kamu memahami fungsi atau rumus excel dengan baik, pekerjaanmu dalam mengolah data akan menjadi lebih effisien.

Sebagai gambaran, kamu bisa mulai berlatih untuk memahami fungsi dasar seperti; Rumus IF, Vlookup, Hlookup, dan membuat tabel Pivot. Kalau kamu ingin belajar lebih jauh cobalah untuk berlatih dalam melakukan analisa data dan berlatih membuat penyajian data yang menarik.

Teruslah berlatih dan tingkatkan kompetensimu, ada banyak individu yang saat ini memiliki kompetrnsi yang sama dengan dirimu dan bersiap untuk bersaing. Sehingga tidak ada cara lain selain terus belajar agar kamu menjadi pribadi yang lebih unggul dan kompeten.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu memahami gambaran dan langkah awal yang perlu kamu siapkan jika memutuskan untuk memulai karir sebagai HR.



Author

Teman Karir

Teman Karir adalah Teman Karir adalah platform yang berisi career hack untuk para job seeker dan pekerja entry level agar dapat mengembangkan kemampuan mereka dan meningkatkan peluang dalam mencapai karir yang di impikan.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.