-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Cara Daftar dan Tahapan Tes di Kalla Group

Sabtu, 01 Oktober 2022

Sekilas Tentang Kalla Group

Kalla group merupakan salah satu perusahaan terbesar di kawasan timur indonesia yang berkantor pusat di Makassar, perusahaan ini pertama kali di rintis pada tahun 1952 oleh Hadji Kalla dan Hajjah Athirah

Siapa yang menyangka, bisnis yang dulunya dimulai dari perdagangan tekstil kini telah bertumbuh dan terus melebarkan bisnisnya, sebagai informasi, saat ini kalla group telah memiliki 12 sub bisnis usaha pada berbagai sektor kehidupan seperti, transport, outomotive, construction, education, logistik, property, manufacture dan energy.
Kalla Group

Sa
lah satu yang menarik dari perusahaan ini adalah hampir sebagian besar para pekerja di isi oleh para kaum milenial, dengan culture dan value bisnis yang baik, tidak mengherankan perusahaan ini menjadi primadona dan incaran para job seeker dari berbagai wilayah di indonesia. 

Jika kamu tertarik untuk manjadi bagian dari insan kalla, ulasan berikut ini akan membantu kamu memahami tahapan dari seleksinya.

Cara Daftar Lowongan Kerja Kalla Group

Seluruh lowongan kerja kalla group dapat di akses melalui laman Talent hunt / Website Career Kalla. Website career kalla atau Talent Hunt menjadi salah satu tools penting yang digunakan oleh tim Rekrutmen untuk sourcing kandidat dan melakukan tes secara daring. 

Baca Juga : Cara Buat Akun Talent Hunt

kalla group


Sama halnya dengan platform lowongan kerja lainnya, kamu cukup membuat akun terlebih dahulu dan mengisi data dirimu secara lengkap. data diri yang kamu masukkan akan menjadi pengganti CV-mu yang nantinya akan dilihat oleh para rekruter. dengan Aplication Tracking System (ATS) yang saat ini digunakan, tim rekrutmen tidak lagi menyeleksi data dirimu secara manual, melainkan akan diseleksi secara otomatis oleh sistem.

Baca Juga : Cara Agar CV Lolos ATS 

Selaian dengan berkunjung ke Website Career kalla, ada cara lain yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi lowongan kerja yang sesuai kualifikasimu secara langsung. 

Caranya adalah, kamu cukup mengisi profile dirimu selengkap-lengkapnya pada akun Career Kalla yang kamu buat. dengan cara itu, tim rekrutmen bisa dengan mudah mengetahui bagaimana kualifikasi yang kamu miliki.

Tidak menutup kemungkinan, Jika kualifikasimu dianggap pas dengan kebutuhan yang ada,  kamu tidak akan menemukan lowongan yang sedang terbuka pada website career kalla namun kamu mendapatkan tawaran langsung untuk mengikuti seleksi. atau dengan cara lain, bisa saja kamu akan menemukan notifikasi pada emailmu tentang lowongan yang sedang tersedia.

Tahapan Tes di Kalla Group

Untuk dapat bergabung menjadi Insan Kalla, kamu harus melewati setidaknya 8 Tahapan seleksi, 

1. Seleksi Administratif
Pada tahapan ini, Sistem akan mencocokkan kualifikasi yang kamu miliki dengan kualifikasi yang dibutuhkan pada pada lowongan yang saat ini sedang kamu apply.  kamu harus benar-benar memahami kualifikasi apa yang sedang dibutuhkan. sebab jika satu saja dari kualifikasi yang disyaratkan tidak sesuai dengan kualifikasimu, maka kamu akan otomatis digugurkan oleh sistem

Sebagai permisalan, Saat ini kamu sedang melamar untuk posisi yang mensyaratkan pendidikan harus minimal S1 Akuntansi, sementara kamu adalah lulusan S1 Manajemen. Walaupun kamu memiliki pengalaman yang dibutuhkan, namun karena kualifikasimu yang tidak sesuai, maka kamu akan tetap dinyatakan tidak lolos.

Pastikan kamu melamar pada posisi yang benar-benar sesuai kualifikasimu, tidak perlu berharap pada "aji mumpung". sebab sistem tidak akan pernah kompromi.

Jika kamu dinyatakan lolos tahapan administratif dan lanjut hingga tahapan ini, yang harus kamu pastikan adalah kamu berada pada kondisi yang benar-benar fit untuk mengikuti tes.
Tes ini dilakukan secara daring melalui Website Talent Hunt atau Career kalla, dan hasilnya akan berlaku selama 6 bulan kedepan.

oleh karena itu pastikan saat mengerjaakan kamu berada pada ruangan yang kondusif, dan jaringan yang stabil. Sebab jika kamu mengerjakan tes dalam keadaan tidak fit dan hasilnya dinyatakan tidak lolos. maka selama 6 bulan kedepan kamu hanya akan mentok sampai tahapan ini.

Hal itu terjadi karena sistem diatur untuk menjadikan nilaimu berlaku selama 6 bulan kedepan untuk semua posisi yang kamu lamar selanjutnya.

Tes ini akan menyesuaikan dengan kualifikasi atau posisi yang sedang kamu lamar. Sehingga jika posisi yang kamu daftar berkaitan dengan hitungan atau angka, ada kemungkinan tesnya juga akan berkaitan dengan kemampuan berhitung atau terkait wawasanmu pada bidang pekerjaan yang sedang kamu lamar.

4. Background Check
Pada tahapan ini kamu akan menerima email yang memintamu untuk mengirimkan beberapa dokumen. Hal itu bertujuan untuk mengecek seluruh data diri yang telah kamu masukkan pada sistem, apakah sesuai atau tidak.

Sehingga jangan pernah sesekali memasukkan data fiktif pada profile dirimu. Sebab jika kamu kedapatan memasukkan data diri yang tidak sesuai maka sudah bsia dipastikan kamu tidak akan bisa lanjut ketahapan berikutnya.

Tahapan ini biasanya bersifat fleksibel yang biasanya dijalankan sebelum interview, atau paralel interview megecek datamu pada saaat interview HC.

5. Interview Human Capital
Jika sudah sampai pada tahapan ini, artinya sedikit lagi kamu akan menjadi bagian dari insan kalla. Tahapan interview HC ini akan menggali soft kompetensi yang kamu miliki dan memastikan bahwa kamu memiliki nilai yang sama dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Para interviewer akan berusaha menggali gambaran dirimu dan potensi yang kamu miliki.

Sehingga untuk tahapan ini kamu harus menyiapkan diri dengan baik


interview HC


6. Interview User
Pada tahapan ini biasanya jumlah kandidat yang tersisa hanya tinggal sedikit, persiapan yang harus kamu lakukan tentunya harus lebih baik lagi dari sebelumnya. Tahapan ini akan melihat apakah kemampuan kamu secara teknis sesuai dengan yang dinginkan atau tidak oleh user atau calon atasannmu nanti

Untuk itu, pastikan kamu sudah siap sebelum melakukan interview ini.

Baca Juga : Sering Gagal Saat Wawancara, Simak Hal berikut Ini!!

7. Psikotes
Untuk tahapan ini yang harus kamu persipkan sebenarya adalah istrahat yang cukup sebelum pelaksanaan tes. Psikotes akan menggali 3 hal pada dirimu, Yakni kemampuan berfikir, sikap kerja dan gambaran personalitymu.

8. Medical Check Up
Jika kamu lanjut pada tahapan ini hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah, istrahat yang cukup sehari sebelum pelaksanaan pemeriksasan dilakukan dan minum air yang cukup. kamu juga disarankan untuk hadir 30 menit lebih awal sebelum pemeriksaan agar kamu ada waktu untuk istrahat terlebih dahulu.

So, begitulah gambaran singkat mengenai tahapan yang ada pada seleksi Kalla Group. Pastikan kamu selalu mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti proses seleksi. Semoga dengan artikel ini kamu menjadi lebih siap dan dapat menjadi insan kalla yang unggul.




Author

Teman Karir

Teman Karir adalah Teman Karir adalah platform yang berisi career hack untuk para job seeker dan pekerja entry level agar dapat mengembangkan kemampuan mereka dan meningkatkan peluang dalam mencapai karir yang di impikan.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.