-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Hari Pertama Masuk Kerja, Apa yang Harus Kamu Lakukan?

Kamis, 11 Mei 2023


Hari pertama masuk kerja bagi seorang karyawan baru atau fresh graduate adalah hal yang sangat menyenangkan. tentunya, kamu akan belajar banyak hal baru dan dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. 

Meski demikian, tidak sedikit yang merasa bingung terkait apa yang harus mereka lakukan saat hari pertama mereka masuk kerja.  

karena itu pada artikel kali ini, Teman karir akan berbagi 10 hal yang perlu kamu lakukan saat hari pertama masuk kerja;

1. Tiba Tepat Waktu

Pastikan kamu tiba tepat waktu di tempat kerja. bahkan jika perlu kamu sudah tiba beberapa menit lebih awal. hal ini akan menunjukkan komitmen dan kedisiplinanmu terhadap pekerjaan.

Tapi ingat ya, jangan tiba tepat waktu hanya di awal-awal saja. Akan lebih baik jika kamu konsisten seterusnya.

2. Memperkenalkan Diri

Temuilah atasan, rekan kerja atau HR yang merekrut kamu. sampaikanlah salam dan perkenalan singkat. Berikan kesan yang ramah  dan penuh antusias. Biasanya kamu juga akan diajak berkeliling untuk mengenal siapa saja rekan kerjamu

3. Menyusun Jadwal kerja

Bicarakanlah dengan atasanmu terkait jadwal kerja serta tugas dan tanggung jawabmu. Diskusikanlah secara jelas apa saja yang menjadi tanggungjawabmu dan bagaimana hasil yang diharapkan dari tanggung jawabmu itu.

4. Menjelajahi Lingkungan Kerja

Kenalilah setiap sudut lingkungan kerjamu,termasuk area dapur, toilet dan fasilitas lainnya. Biasanya kamu akan di ajak berkeliling oleh HR namun jika tidak. cobalah berinisiatif untuk meminta tur singkat dari rekan kerjamu yang memahami keseluruhan layout dan fasiltas yang ada

5. Menghubungkan Perangkat Kerja

Jika kamu diberikan perangkat kerja, cobalah hubungkan semuanya dengan internet kantor dan melakukan konfigurasi akun jika diperlukan. termasuk menghubungkan perangkatmu dengan Print atau mesih kerja lainnya yang tersedia.

6. Pahami kebijakan Perusahaan

Pastikan kamu meluangkan waktu untuk membaca dan memahami apa saja kebijakan yang ada di perusahaan. Pelajarilah aturan seperti  absensi, kode etik ataupun kebijakan privasi yang ada. Hal itu akan membantu kamu untuk dapat mengikuti aturan atau standar yang ada di perusahaan

7. Mengatur Kontak dan Komunikasi

Kenali dan simpanlah kontak penting yang ada di perusahaan. Hal ini termasuk, nomer telepon, email atasan, rekan kerja atau department yang berhubungan dengan lingkup kerjamu. 

8. Beratnya dan Mendengarkan.

Sebagai karyawan baru perbanyaklah mendengar dan bertanya terkait apa saja yang kamu belum ketahui, kamu bisa bertanya kepada rekan kerja atau atasan secara langsung.
Sangat penting juga untuk memahami setiap instruksi dan masukan dari rekan kerja sekitarmu.

9.  Cobalah Menyesuaiakan Diri dengan Budaya Perusahaan

Pahamilah, nilai, norma atau value dari perusahaanmu. amati dan ikutilah kebiasaan, etika hingga cara berinteraksi yang ada dalam lingkungan kerjamu

10. Mengenali Rekan Kerja

Pastikanlah untuk berusaha mengenali nama dan jabatan rekan kerjamu, dengan mengenali namanya akan sangat membantu kamu dalam hal komunikasi dan kolaborasi nantinya.


Ingatlah, bahwa hari pertama masuk kerja adalah kesempatan adalah kesempatan untuk beradaptasi dilingkungan baru. jangan pernah ragu untuk menunjukkan antusiasme, ketertarikan dan kemauanmu untuk belajar.

Author

Teman Karir

Teman Karir adalah Teman Karir adalah platform yang berisi career hack untuk para job seeker dan pekerja entry level agar dapat mengembangkan kemampuan mereka dan meningkatkan peluang dalam mencapai karir yang di impikan.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.