-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Anti Panik Menghadapi Interview Kerja Menggunakan Bahasa Inggris

Selasa, 02 Mei 2023


Interview atau wawancara adalah salah satu tahapan yang biasa dilewati oleh jobseeker dalam proses recruitment dan seleksi kerja. Biasanya interview kerja tidak hanya satu tahap saja, biasa dimulai dengan interview dengan HR dan dilanjutkan dengan interview user. Jenis interviewnya bisa bermacam-macam, ada yang bersifat one-on-one namun ada juga yang bersifat panel dimana kamu akan dihadapkan dengan lebih dari satu orang pewawancara dalam satu sesi sekaligus.

Terkait penggunaan bahasa, ada sesi interview kerja yang menggunakan bahasa indonesia selama sesi berlangsung, ada juga yang menggunakan bahasa inggris. Tentu interview menggunakan bahasa inggris akan lebih menantang ya, karena bahasa inggris bukan bahasa ibu kita. Kali ini, Teman Karir akan memberikan tips supaya kamu tidak panik saat akan menghadapi interview kerja menggunakan bahasa inggris. Tips yang Teman Karir bagikan kali ini juga berdasarkan pengalaman penulis saat menghadapi interview kerja menggunakan bahasa inggris baik dengan native speaker maupun dengan pewawancara non native speaker.

Perbedaan interview kerja menggunakan bahasa inggris dengan interview biasa

Sebetulnya dalam pelaksanaan interview kerja menggunakan bahasa inggris tidak terlalu berbeda dengan interview biasa. Jenis pertanyaan yang diajukan juga hampir sama dengan interview biasa. Yang membedakan hanyalah bahasa yang digunakan, yup menggunakan bahasa inggris.

Lalu apakah selama interview tersebut benar-benar akan menggunakan bahasa inggris dari awal hingga akhir sesi? Jawabannya, tergantung dengan siapa kamu akan diinterview. Apakah dengan native speaker? Atau apakah dengan non native speaker?

Jika pewawancara adalah seorang native speaker, sudah pasti akan menggunakan bahasa inggris dari awal hingga akhir sesi. Jika pewawancara adalah seorang non native speaker, sepanjang pengalaman penulis, biasanya tidak full menggunakan bahasa inggris. Biasanya diawal sesi menggunakan bahasa indonesia, kemudian dipertengahan sesi, pewawancara akan memberikan beberapa pertanyaan menggunakan bahasa inggris serta memintamu untuk menjawab dengan menggunakan bahasa inggris juga. Supaya kamu lebih yakin, tidak ada salahnya kamu bertanya dengan siapa kamu akan diinterview saat mendapatkan undangan interview kerja.

Mengapa perusahaan melakukan interview dengan bahasa inggris

Terdapat dua faktor mengapa perusahaan melakukan interview dengan bahasa inggris, yaitu:

  1. Posisi yang dilamar
    Saat kamu akan mengirimkan lamaran pekerjaan kepada sebuah perusahaan, cobalah cermati loker yang kamu temui. Apakah posisi yang kamu lamar adalah posisi yang secara kualifikasi membutuhkan orang yang mampu menggunakan bahasa inggris? Jika iya, sudah pasti saat proses interview nanti akan menggunakan bahasa inggris.
  2. Lingkungan kerja
    Lingkungan kerja perusahaan yang kamu lamar adalah perusahaan internasional. Sehingga dalam proses bekerja tidak menutup kemungkinan kamu dituntut untuk berkerja bersama dengan karyawan dari warga negara lain (ekspatriat), atau berkoordinasi dengan tim dari head office atau headquarter yang ada diluar negeri.

Tips menghadapi pertanyaan interview bahasa inggris

Pada dasarnya interview adalah sebuah tool yang digunakan oleh perusahaan untuk lebih mengenal kandidatnya, untuk menilai apakah kamu adalah orang yang mereka cari dan butuhkan selama ini. Seperti yang sudah Teman Karir sebutkan tadi, proses yang dilalui dalam interview kerja menggunakan bahasa inggris kurang lebihnya sama dengan interview biasa, hanya saja menggunakan bahasa inggris dalam berkomunikasinya.

Lalu bagaimana tipsnya supaya mental menjadi lebih siap saat menghadapi interview kerja menggunakan bahasa inggris? Berikut tips yang bisa Teman Karir berikan.

  1. Kenali perusahaan yang kamu lamar
    Mengenal perusahaan yang kamu lamar bukan hanya sebatas cukup tahu nama dan lokasi perusahaannya saja. Kamu perlu mengetahui jenis industrinya, sejarah, produk dari perusahaan, core value perusahaan, skala perusahaan (lokal, nasional, atau internasional), jenjang karir, bahkan budaya kerjanya. Semua informasi tersebut bisa diketahui dari website maupun sosial media perusahaan atau bertanya kepada kenalanmu yang saat ini atau pernah bekerja di perusahaan yang kamu lamar.




    Pahami bahwa mengenal perusahaan yang kamu lamar bukan hanya semata-mata supaya kamu lancar dalam menjawab pertanyaan "what do you know about this company?" dari pewawancara saja. Dengan mengenal baik perusahaan yang kamu lamar, kamu dapat menilai apakah kamu merasa cocok untuk bekerja di perusahaan tersebut atau tidak. Selain itu, kamu juga menjadi tahu apa yang menarik dari perusahaan tersebut.

    Sehingga kamu bisa menjawab pertanyaan "what do you know about this company?" dengan jawaban dari versimu sendiri, dimulai dengan apa yang kamu tahu dan apa yang membuatmu tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Pastikan kamu mempersiapkan jawaban tersebut dengan versi bahasa inggrisnya ya.

    Nah berikut contoh jawaban dalam bahasa inggris dan artinya untuk menjawab pertanyaan "what do you know about this company?" saat interview kerja.

    "This company is a reputable company in multi finance industry. Since its establishment, this company has gained many achievements and awards. This company has commitment to training and development and I felt that it is a good fit to my career aims."
    (Perusahaan ini merupakan perusahaan terkemuka di industri multi finance. Sejak berdirinya, perusahaan ini telah memperoleh banyak prestasi dan penghargaan. Perusahaan ini memiliki komitmen terhadap pelatihan dan pengembangan dan saya merasa perusahaan ini cocok dengan tujuan karir saya.)

  2. Pahami posisi yang kamu lamar
    Memahami dengan baik tanggung jawab dan kualifikasi yang dibutuhkan dari posisi yang kamu lamar dapat membantumu dalam bagaimana meyakinkan pewawancara saat mereka bertanya "what do you know about the position you are applying for?" atau mungkin pertanyaan "why do you want this job?" bahkan pertanyaan "why we should hire you?". Ketika kamu melamar sebuah posisi, pahami job description dan kualifikasi yang ada diloker.

    Dengan memahami baik-baik kualifikasi dari posisi yang kamu lamar, kamu dapat merefleksikan pada dirimu, bagian mana dari kemampuanmu yang sesuai dan mana yang masih perlu dikembangkan lagi. Kamu juga dapat merefleksikan pengalaman bekerja (fulltime, magang, freelance) yang relate yang kamu miliki, pengalaman mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan posisi yang dilamar, atau keberhasilanmu dalam mencapai target atau menyelesaikan project yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar.

    Dengan merefleksikan itu semua, dapat membantumu menemukan jawaban yang lebih 'menjual' selama sesi interview kerja dengan versi terbaik dirimu. Berikut merupakan contoh jawaban dalam bahasa inggris dan artinya untuk menjawab pertanyaan "why we should hire you?".

    "As a salesperson, I understand that this job requires a person who able to work under target. I have 2 years experience as salesperson in FMCG industry which is align with your company. I pride myself on my ability to achieve the target properly and build good relationship with clients. I believe my skills and experiences could enable me to contribute to your company".
    ("Sebagai tenaga penjualan, saya mengerti bahwa pekerjaan ini membutuhkan orang yang mampu bekerja di bawah target. Saya memiliki pengalaman 2 tahun sebagai tenaga penjualan di industri FMCG yang sejalan dengan perusahaan Anda. Saya bangga dengan kemampuan saya untuk mencapai target dengan baik dan membangun hubungan baik dengan klien. Saya yakin keterampilan dan pengalaman saya dapat memungkinkan saya untuk berkontribusi pada perusahaan Anda".)

  3. Kenali metode STAR dalam interview untuk membuat daftar pertanyaan yang mungkin muncul
    Dibanding kamu terlalu fokus pada contoh atau template jawaban interview yang kamu temui, kamu bisa mengenal metode STAR yang biasanya digunakan dalam proses interview kerja. Dengan metode ini bisa membantu membuat jawabanmu lebih terstruktur dan detail, bukan hanya sekedar menjawab dengan jawaban tertutup. Sehingga pewawancara dapat melihat bahwa kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, yang mana merupakan sebuah kemampuan yang pasti dibutuhkan didunia kerja.

    Sebelum lebih jauh, perlu kamu ketahui bahwa metode STAR bisa membantumu dalam memprediksi kemungkinan pertanyaan-pertanyaan setelahnya dalam proses interview. Dari suatu jawaban yang kamu berikan, bisa menjadi bahan pertanyaan setelahnya bagi pewawancara. Sehingga dengan mengetahui metode STAR ini, bisa membantumu memvisualisasikan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan.

    Cobalah pelajari loker dari posisi yang kamu lamar secara baik-baik untuk mendapatkan gambaran pertanyan yang akan ditanyakan, terutama pada bagian kualifikasi dan job descnya.  Biasanya pertanyaan yang diberikan lebih berfokus dalam menggali kemampuanmu dan pengalaman yang masih berkaitan dengan tanggung jawab dari posisi yang kamu lamar. Jika sudah tahu kemungkinan pertanyaan yang muncul, kamu bisa mulai berlatih menyiapkan jawaban yang sesuai dengan dirimu menggunakan versi bahasa inggrisnya.

    STAR adalah kepanjangan dari Situation, Task, Action, Result. Supaya lebih terbayang, sekarang Teman Karir akan berikan contoh kemungkinan pertanyaan interview kerja yang menggunakan metode tersebut.

    Sebagai contoh, ini merupakan pertanyaan untuk interview kerja posisi salesperson. Tentu dalam kualifikasinya, untuk menjadi salesperson yang baik dibutuhkan individu yang mampu bekerja dibawah target. Contoh pertanyaan berikut merupakan gambaran bagaimana seorang pewawancara yang ingin mengetahui bagaimana kemampuan maupun pengalaman kandidat dalam bekerja dengan target.

    Situation
    Describe your responsibilities at your previous job!
    (Jelaskan mengenai tanggung jawab anda pada pekerjaan anda sebelumnya!)

    Tell us about a situation when you failed to achieve the target given
    !
    (Ceritakan situasi saat anda gagal dalam mencapai target yang diberikan!)

    Task
    Tell me about the target given to you at your previous job!
    (Coba ceritakan mengenai target yang diberikan kepada anda pada pekerjaan anda sebelumnya!)

    Action
    What is your usual strategy to achieve the target given to you?
    (Bagaimana strategi yang biasa anda lakukan untuk mencapai target yang diberikan kepada anda?)

    When you realized that you weren't able to achieve the target you were given, what did you do at that time?
    (Saat menyadari bahwa anda tidak mampu mencapai target yang diberikan, apa yang anda lakukan saat itu?)

    Result
    How have you achieved so far against the target given to you?
    (Bagaimana pencapaian anda selama ini terhadap target yang diberikan kepada anda?)

  4. Practice makes improvement
    Bagaimana kamu mengkomunikasikan jawabanmu atas pertanyaan yang diberikan sangatlah penting. Namun, yang lebih penting lagi adalah bagaimana kamu mampu menangkap maksud pertanyaan dari pewawancara. Sering mendengarkan simulasi interview kerja menggunakan bahasa inggris melalui video dapat membantumu lebih terbiasa dengan pengucapan (pronunciation) dan aksennya, terlebih lagi jika pewawancara yang akan kamu temui adalah native speaker.




  5. Persiapan
    Seperti pada persiapan interview pada biasanya. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan adalah ketepatan waktu dan juga penampilan. Jika interview dilakukan secara online, pastikan pencahayaan dan koneksi internet dalam keadaan yang baik, perhatikan juga kondisi suara sekelilingmu supaya tidak banyak noise dan komunikasi dapat berjalan dengan baik.

  6. Tiba-tiba ngeblank? Jangan panik
    Jika hal ini terjadi kepadamu, cobalah untuk berusaha tenang, konsentrasi, dan tetap menampilkan gestur tubuh yang tenang. Kamu bisa mencoba untuk konfirmasi kembali pertanyaan dari pewawancara, sehingga hal ini dapat memberikan jeda kepadamu disaat pewawancara kembali mengulangi pertanyaannya.
Nah itu dia tips anti panik menghadapi interview kerja menggunakan bahasa inggris dari Teman Karir. Melakukan persiapan yang matang dapat membuat mentalmu lebih siap. Jangan lupa untuk berdoa sebelum sesi berlangsung ya. Good luck!

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.