-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Apa yang Harus Dilakukan oleh Fresh Graduate Setelah Lulus?

Kamis, 16 Maret 2023

Kalau dulu kamu sering mendengar pertanyaan seperti, Kapan lulus? Apakah sudah ujian atau belum?  dan setalah kamu berhasil menyelesaikan studimu lantas kamu berharap tidak ada lagi pertanyaan semacam itu, saya ingtakan bahwa itu hanya sementara saja.

Tidak lama setelah lulus kamu akan dihadapkan dengan berbagai tuntutan sosial, seperti kerja apa sekarang, kapan menikah dan lainnya akan terus berdatangan. 


Kalau kamu sedang ada di fase ini, dan kamu adalah seorang  seorang fresh graduate yang saat ini sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan pertama, tentu itu bukan hal yang mudah, apalagi kondisi saat ini jumlah pencari kerja jauh lebih banyak daripada lowongan yang tersedia.


belum lagi kalau lowongan yang tersedia itu mensyaratkan kualifikasi yang mengharuskan menguasai beberapa keahlian teknis sekaligus. bagaimana tidak tambah pusing tuh..

Tulisan kali ini akan membahas tentang apa saja yang baiknya kamu lakukan sebagai fresh graduate.

1. Buat rencana karir dan dapatkan pengalaman kerja

Buatlah perencanan karir atau ikut berbagai program intern, kalau kamu saat ini masih kuliah. ada baiknya kamu memikirkan hal ini jauh- jauh hari. 

dengan membuat rencana karir sebenarnya itu akan memudahkan kamu untuk melihat apa yang akan kamu tuju dan mengevaluasi apa saja yang perlu kamu kembangkan dari dirimu untuk mencapai hal itu.

Dalam mencari pengalaman kerja hal yang bisa kamu pertimbangkan adalah mencoba untuk mengikuti program intern atau kerja paruh waktu yang sesuai dengan bidang minatmu. 

selain mengasah keterampilanmu, hal ini juga akan membantu kamu memahami secara real bagaimana kondisi dunia kerja yang sebenarnya. pengalaman ini tentunya akan menjadi nilai tambah untukmu dikemudian hari.

tidak jarang intern adalah jalan yang bisa membantumu mendapatkan pekerjaan.
Meskipun diluar sana teman-temanmu setelah lulus langsung mendapatkan pekerjaan, kamu jangan berkecil hati. tidak ada salahnya memulainya dengan intern.

 Baca Juga : Cara mencaripekerjaan yang sesuai dengan bidang minat!

2. Tingkatkan kompetensimu

Setelah lulus, kamu sebagai fresh graduate dapat meningkatkan kompetensi dengan mengikuti pelatihan, seminar atau mengambil ujian sertifikasi yang sesuai dengan bidang minatmu. hal ini akan membantu kamu mendapatkan pengetahuan baru dan meningkatkan keterampilan yang kiranya nanti kamu perlukan di bidang pekerjaan yang kamu tekuni.

3. Membangun jaringan

Membangun jaringan profesional sangatlah membantu kamu dalam mencari pekerjaan. Hal ini dapat kamu lakukan dengan mengikuti berbagai forum diskusi, baik online atau offline yang berkaitan dengan bidang yang diminati. Selain itu kamu juga dapat mulai membangun profile profesionalmu di linkedin. 

4. Mencari informasi lowongan kerja

Sebagai fresh graduate, kamu dapat mulai mencari lowongan kerja yang sesuai bidang melalui sosial media, atau relasi yang sebelumnya sudah kamu bangun. Pastikan untuk menyesuaikan CV yang kamu buat dengan pekerjaan yang kamu mau

Baca Juga : Sumber lowongan kerja yang wajib kamu ketahui

5. Menjaga kesehatan fisik dan mental

Mencari pekerjaan saat ini memang bukan hal mudah bagi sebagian orang. tidak jarang akan membuatmu lelah secara fisik dan mental. untuk itu pastikan kamu selalu menjaga fisik dan mentalmu tetap prima, kamu bisa mulai dengan melakukan olahraga ringan secara rutin, makan makanan  sehat, dan tidak lupa untuk istrahat yang cukup. 

untuk urusan mental, kamu bisa mulai dengan memperhatikan diri sendiri, memberikan reward untuk setiap pencapaian kecil yang kamu punya, bericara dengan keluarga atau teman dan melakukan aktivitas yang dapat membantu mengurangi stress.

Baca Juga : Tips psikologi untuk mengatasi stres saat mencari pekerjaan untuk fresh graduate

5. Menjaga motivasi

Motivasi sangat penting untuk membantumu tetap terjaga mencapai tujuan yang kamu mau. Kamu bisa memulai dengan menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang serta rencana untuk mencapainya. Tetap semangat, jangan lupa terus berusaha dan menjadi pribadi yang pantang menyerah.

Bagi fresh graduate, menghdapai dunia kerja memang memerlukan kesabaran dan ketekunan. Memiliki keterampilan, pengalaman dan koneksi yang baik akan sangat membantumu mencapai karir yang kamu mau.

Semoga tips ini bermanfaat membantu kamu sebagai freshgraduate meraih karir yang kamu impikan.

 


Author

Teman Karir

Teman Karir adalah Teman Karir adalah platform yang berisi career hack untuk para job seeker dan pekerja entry level agar dapat mengembangkan kemampuan mereka dan meningkatkan peluang dalam mencapai karir yang di impikan.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.