-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Apa itu Tes Koran? Penjelasan dan Tips Jitu Lolos Tes!

Senin, 01 Mei 2023

Tes Koran itu Seperti Apa??

Tes Pauli dan Kreplin adalah tes yang sering disebut sebagai "Tes Koran". Tes koran adalah tes untuk kemampuan dasar dalam berhitung. Tes ini terdiri dari angka acak mulai dari 0 - 9 yang tersusun secara vertikal. Disebut sebagai tes koran karena lembar tes yang digunakan biasanya sebesar kertas koran.

Untuk mengerjakan tes koran, Anda akan diminta untuk menjumlahkan 2 bilangan terdekat secara vertikal dan hasilnya harus dituliskan di sela-sela 2 bilangan tersebut. apabila hasil penjumlahannya adalah 2 angka, Anda cukup menuliskan digit terakhir dari hasil penjumlahan.

Tes Pauli dan Kreplin (tes koran) adalah bagian dari tes psikologi yang paling sering digunakan ketika mendaftar di sebuah perusahaan atau ketika ingin menjadi TNI atau Polisi.

Tujuan dari mengerjakan tes Pauli-Kreplin adalah untuk mengukur karakteristik seseorang terhadap aspek tertentu seperti;

  • Aspek keuletan (daya tahan)
  • Aspek kemauan / kehendak individu
  • Aspek penyesuaian diri
  • Aspek stabilitas emosi
  • Aspek ketelitian
  • Ritmen kerja
  • Produktivitas kerja

Perbedaan Tes Pauli vs Tes Kreplin

Pada dasarnya kedua tes ini memiliki prinsip kerja yang sama. namun terdapat perbedaaan antar tes kreplin dan pauli yang perlu Anda perhatikan.

Cara Mengerjakan

  • Pada tes Pauli Anda harus menjumlahkan angka-angka mulai dari atas ke bawah. Sedangkan tes Kreplin anda menjumlahkan dari bawah ke atas.
  • Ketika mengerjakan tes Pauli Anda akan mendapatkan instruksi "garis" disetiap interval waktu tertentu. pada tes Kreplin, Anda akan mendapatkan instruksi "pindah" yang mengharuskan Anda segera berpindah ke kolom kerja berikutnya.

Ukuran Lembar Kerja

Secara ukuran lembar kerja, tes pauli biasanya lebih besar dari pada lembar kerja tes Kreplin.
Ukuran tes pauli biasanya sebesar koran dengan ukuran A3, sedangkan tes kreplin biasanya hanya menggunakan kertas A4 atau HVS.

Waktu yang Dibutuhkan

Tes Kreplin

Waktu keseluruhan yang diperlukan kurang lebih 20 menit. Perinciannya adalah mengisi identitas diri 4 menit, instruksi tes 2 menit, latihan mengerjakan 1 menit, dan mengerjakan soal selama 12,5 menit.

Setiap baris diberi waktu 15 detik, dan setiap 15 detik terdapat arahan untuk "Garis" dan harus berpindah baris. Sedangkan tes Kraepelin versi UI, setiap baris diberi waktu 30 detik, dan setiap 30 detik terdapat aba-aba untuk segera pindah mengerjakan baris yang berikutnya sampai 45 kali pindah baris. 

Tes Pauli

Waktu keseluruhan adalah 60 menit (di luar instruksi) dengan aba-aba "GARIS" diberikan setiap 3 menit.

Tips Mengerjakan Tes Pauli - Kreplin (Tes Koran)


Apa yang teman karir sampaikan disini berdasar pada pemahaman dan pengalaman yang telah kami lalui selama mengerjakan tes ini.
  1. Kondisi fisik sangat berpengaruh terhadap konsentrasi Anda selama mengerjakan. sehingga pastikan untuk istrahat yang cukup dan tidak begadang pada malam harinya.
  2. Yang paling penting dalam mengerjakan tes ini adalah konsentrasi. Cobalah untuk fokus dan mengabaikan hal lain selain tes yang sedang kamu kerjakan. Sebab apabila kamu Blank itu akan sangat berpengaruh pada hasil kerjamu.
  3. Siapkan alat tulis lebih saat menghadiri tes
  4. Pastikan untuk menjawab jumlah angka disetiap kolom/ baris dengan stabil. jangan memaksakan diri pada satu baris dan menyebabkan jumlah jawaban di baris selanjutnya anjlok.
  5. Hal yang paling penting adalah memahami kemampuanmu. kenali kelemahanmu dalam menjumlahkan angka tertentu.

    Sebagai contoh, saya punya kelemahan dalam menjumlahkan angka yang terdiri dari 6 7 8. setelah memahami itu cobalah berlatih terus menerus untuk penjumlahan pada angka tersebut.

    Tips Jitu : Jika kamu mengalami kesulitan pada penjumlahan angka 7 8 atau 9. kamu cukup mengubah pola pikirmu, misalkan 8+7 , hal yang perlu kamu ingat adalah, apabila hasil penjumlahan lebih dari 10 maka yang di tuliskan adalah angka terakhirnya. 

    artinya angka selain 7 8 atau 9 pada penjumlahan yang kamu dapatkan cukup kamu perhatikan berapa nilai kelebihannya apabila penjumlahan itu sudah genap 10.

    agar lebih mudah, setiap angka yang bertemu angka 9 cukup kamu kurangi 1 ( Misal 9 + 7, dalam pikiranmu cukup 7-1 = 6. angka yang bertemu dengan 8 berarti akan dikurangi 2, dan yang bertemu dengan 7 akan dikurangi 3.

Latihan Tes Pauli - Kreplin (Koran)

Berlatih mengerjakan tes Pauli- kreplin bisa kamu lakukan secara online melalui PC atau Smartphone.
hal perlu kamu perhatikan adalah jaringan internetmu stabil agar latihanmu berjalan lancar.

  1. Akses Tes Pauli -Kreplin (Koran) Online
    Saat mengakses Tes Koran Online anda akan menemukan tampilan sebagai berikut. Cukup Klik Play
  2. Tentukan waktu dan lay out yang anda inginkan selama latihan
  3. Berlatihlah sebanyak mungkin. Anda juga dapt melihat hasilnya setelah waktu pengerjaan selesai.

Author

Teman Karir

Teman Karir adalah Teman Karir adalah platform yang berisi career hack untuk para job seeker dan pekerja entry level agar dapat mengembangkan kemampuan mereka dan meningkatkan peluang dalam mencapai karir yang di impikan.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.