-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

6 Dokumen Wajib Pendaftaran CPNS 2023!

Kamis, 17 Agustus 2023

Pendaftaran CPNS setiap tahunnya adalah momen yang mungkin ditunggu-tunggu oleh sebagian besar rakyat indonesia.  Pendaftaran CPNS menjadi awal bagi kamu yang ingin bergabung kedalam instansi pemerintah sebagai pegawai negeri.

Sumber gambar :api.jatimnet.com
Pemerintah secara resmi juga  telah menginformasikan bahwa akan menggelar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)/CASN pada bulan September 2023 mendatang. 

Kuota CPNS 2023

untuk pendaftaran CPNS 2023 tahun ini, sebanyak 1.030.751 kuota telah disiapkan oleh pemerintah. Kuota ini nantinya akan terbagi untuk PPPK dan CPNS. untuk pembagiannya sendiri, sebesar 80 persen dari kuota diperuntukan untuk formasi PPPK. sementara 20 persern lainnya untuk lulusan baru yang ingin berkarir sebagai PNS

Formasi CPNS  dan PPP3 2023

Mengutip laman detikEdu, berikut seluruh formasi dalam CPNS dan PPPK 2023:

1. Formasi Pusat

  • CPNS dosen: 15.858
  • PPPK dosen: 6.472
  • PPPK tenaga guru: 12.000
  • PPPK tenaga kesehatan: 12.719
  • PPPK tenaga teknis lain: 15.205
  • Tenaga teknis lain: 18.595

2. Formasi Daerah

  • PPPK guru: 580.2023
  • PPPK tenaga kesehatan: 327.542
  • PPPK tenaga teknis lain: 35.000
  • PNS lulusan sekolah kedinasan: 6.259

Dokumen Wajib yang Diperlukan Untuk Pendaftaran CPNS 2023

Mengingat pendaftaran CPNS akan dibuka pada September mendatang. ada baiknya kamu segera mempersiapkan diri mulai sejak dini.

kamu bisa mulai dengan berlatih mengerjakan soal-soal CPNS hingga menyiapkan dokumen wajib yang untuk pendaftaran nanti.

Persiapan ini perlu kamu lakukan agar saat pendaftaran CPNS 2023 resmi dibuka, kamu sudah siap dan tinggal melengkapi dokumen lainnya dari instansi yang akan kamu daftari.

Umumnya, dokumen-dokumen tersebut diunggah di web sscasn.bkn.go.id saat pendaftaran.

Nah, berkaca dari pendaftaran CPNS tahun-tahun sebelumnya, berikut 6 dokumen yang harus disiapkan pelamar saat pendaftaran
  1. Kartu Keluarga
    Siapkan Soft file Kartu keluarga sejak dini. pastikan soft filenya dapat terbaca dengan jelas.
  2. KTP
    Jangan lupa juga untuk  menyiapkan kartu tanda penduduk milikmu. pastikan juga soft file dari dokumennya ini dapat terbaca dengan jelas
  3. Ijazah
    Ijazah yang kamu miliki pastikan sudah siap juga yaa, sebagai tips pastikan kamu mendaftar pada posisi yang memang sesuai dengan kualifikasi pendidikannmu yaa
  4. Transkrip Nilai
    Sama halnya dengan dokumen lainnya siapkanlah soft file transkrip nilaimu dengan rapih
  5. Pas. Foto
    untuk pas foto kamu bisa juga menyiapkan sejak dini. pastikan kamu memiliki soft file pas fotomu dengan brbagai ukuran seperti, 3x4 atau 4x6. Selain soft file, kamu juga bisa bersiap dengan mencetak fotomu terlebih dahulu. agar jika diperlukan kamu tingga mengumpulkan saja.
  6. Dokumen lainnya sesuai ketentuan instansi yang akan di lamar
Seluruh dokumen tersebut nantinya wajib kamu unggah saaat mendaftar. 
Namun sebelum mendaftar, selain kamu harus menyiapkan dokumen utama dan tambahan. kamu juga harus memperhatikan ukuran file dari setiap dokumenmu yang akan dikirim.

Jika ukurannya terlalu besar, kamu bisa comprase size dokumenmu terlebih dahulu.

Itulah informasi yang teman karir bisa bagikan ke kamu, semoga kamu bisa mempersiapkan diri engan baik agar impianmu menjadi PNS dapat terwujud di tahun ini.


Author

Teman Karir

Teman Karir adalah Teman Karir adalah platform yang berisi career hack untuk para job seeker dan pekerja entry level agar dapat mengembangkan kemampuan mereka dan meningkatkan peluang dalam mencapai karir yang di impikan.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.