-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Apa yang Harus Dipersiapkan Saat Mengikuti Walk In Interview? Sini Aku Beritahukan Tips nya!!!

Rabu, 10 Mei 2023

 

Apa itu Walk In Interview?

Walk In Inteview adalah proses wawancara yang biasanya dilakukan oleh perusahaan tanpa harus menerima panggilan atau undangan terlebih dahulu. Walk in interview memungkinkan kamu untuk langsung hadir ke lokasi perusahaan dan mengilkuti proses seleksi. 

Walk in interview menjadi salah satu metode rekrutmen yang cukup populer saat ini. Walk in interview biasanya dilakukan ketika perusahaan memiliki kebutuhan yang mendesak untuk segera mengisi posisi kosong yang tersedia atau ketika ingin melakukan seleksi awal secara langsung.

Keuntungan dari walk in interview adalah kamu dapat bertemu langsung dari berbagai pihak dari perusahaan secara langsung dan menunjukkan kemampuanmu tanpa harus menunggu panggilan terlebih dahulu.

Keuntungan lainnya dalam pelaksanaan seleksi melalui proses walk in interview relatif lebih cepat dari pada proses seleksi pada umumnya. Meski demikian, biasanya pelaksanaan walk in interview memiliki waktu pelaksanaan yang terbatas.

Meski walk in interview memungkinkan kamu untuk hadir secara langsung dan mengikuti proses seleksi, biasanya walk In interview ini memiliki tantangan tersendiri. oleh karena itu sebaiknya kamu tetap mempersiapkan diri sebaik mungkin

Tahapan saat mengikuti walk in interview

Tahapan pada pelaksanaan walk in interview dapat bervariasi tergantung dari kebijakan dan proses seleksi pada perusahaan yang menyelenggarakan walk in interview. Namun, berikut adalah beberapa tahapan umum yang biasanya dilakukan saat mengikuti walk in interview;

Pendaftaran

Saat tiba di lokasi walk in interview, biasanya kamu akan diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu dan mengisi beberapa form atau data diri. Tidak jarang salinan dokumenmu juga biasanya akan dikumpulkan oleh penyelenggara.

Wawancara

Setelah melalui tahapan pendaftaran kamu biasanya akan dipanggil untuk mengikuti interview. tahapan ini bisa berlangsung selama 1 hingga 2 sesi. pada sesi satu biasanya adalah screaning awal dan sesi kedua adalah interview lebih lanjut yang akan membahas kemampuanmu secara teknis. 

pada tahapan ini pihak rekrutmen biasanya akan menggali motivasi, pengalaman dan keterampilan yang kamu miliki. tidak jarang di sesi ini biasanya kamu akan menerima informasi terkait tugas dan profile perusahaan.

Tes atau evaluasi tambahan

Jika kamu dianggap memiliki kualifikasi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, biasanya kamu akan diminta untuk mengikuti tes lebih lanjut. tahapan ini tesnya bisa beragam, dapat meliputi tes kemampuan teknis, kepribadian atau tes keterampilan teknis.

oleh karena itu, persiapkanlah dirimu dengan kemungkinan adanya tes tambahan yang relevan dengan posisi yang akan kamu lamar saat proses walk in interview.

Diskusi atau penjelasan lebih lanjut

Setelah mengikuti wawancara, biasanya pihak perusahaan akan memberikan penjelasan lebih lanjut terkait detail pekerjaan, benefit, jadwal kerja hingga  manfaat lain yang mungkin bisa kamu terima. hal ini adalah kesempatan kamu untuk mengajukan pertanyaan dan mengetahui profile perusahaan lebih detail. kamu juga bisa mengajukan beberapa pertanyaan yang mungkin belum kamu pahami.

Keputusan akhir

Setelah seluruh tahapan selesai, pihak perusahaan akan melakukan evaluasi pada seluruh kandidat yang mengikuti interview dan membuat keputusan akhir. Jika kamu dianggap memiliki kualifikasi yang sesuai kamu akan segera mendapatkan panggilan atau akan dihubungi lebih lanjut tidak lama setelah proses walk in selesai.

biasanya mereka akan menghubungi untuk memberikan penawaran atau mengundang kembali untuk mengikuti tes tahapan final.

Meski demikian, sekali lagi kami tekankan bahwa tahapan ini bukanlah hal yang mutlak karena bergantung dari kebijakan dan prosedur tiap perusahaan.

Apa yang harus di persiapkan saat mengikuti walk in interview?

Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan agar menjadi maksimal ketika ingin menghadiri walk in interview

Mempersiapkan resume

Hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah menyiapkan dan membawa resume terupdate. pastikan resume yang kamu bawa, mencakup profile diri kamu secara jelas, keterampilan, pengalaman kerja dan pencapaian yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Mencari tahu tentang perusahaan

Lakukanlah riset terlebih dahulu, kenali profile perusahaan seperti proses bisnis, visi dan misi,
nilai - nilai perusahaan, hingga gambaran pekerjaan pada posisi yang kamu lamar. dengan informasi ini, kamu akan sangat terbantu dalam memberikan jawaban yang terarah dan menujukkan minatmu pada perusahan
 

Mempersiapkan pertanyaan

Pada proses interview biasanya kamu akan diberikan kesempatan untuk bertanya, cobalah persiapkan beberapa pertanyaan. pertanyaan dapat terkait gambaran pekerjaan, budaya perusahaan hingga peluang pengembangan karir yang tersedia atau hal lain yang kamu anggap perlu untuk kamu ketahui.

Menyusun cerita sukses

Untuk bisa unggul dari kandidat lain, cobalah mempersiapkan jawaban yang dapat menunjukkan kesuksesannmu. sampaikanlah pencapaian dengan menggambarkan situasi yang kamu hadapi, apa yang kamu lakukan dan hasil yang kamu capai

Mempersiapkan penampilan

Hal sederhana namun memberi dampak besar adalah penampilan. tidak jarang penampilan menjadi penilaian awal yang mampu membangun persepsi tentang dirimu. cobalah berpenampilan rapi dan bersih. 

salah satu tips penting dari teman karir adalah mencoba untuk menyesuaikan warna pakain dengan identitas perusahaan yang kamu lamar.

Membawa dokumen pendukung

Dokumen pendukung yang dimaksudkan adalah dokumen riwayat pendidikan, portofolio atau dokumen lainnya yang kamu anggap bisa menunjang kamu jika diperlukan.

Latihan wawancara

Hal yang paling penting dari semua hal adalah berlatih. Cobalah untuk berlatih melakukan wawancara. biasanya apa yang ditanyakan pada setiap sesi  walk in interview memiliki kemiripan dengan proses waancara lainnya. 

oleh karena itu persiapkanlah jawaban atas setiap kemungkinan pertanyaan yang muncul. dengan berlatih, akan membantu kamu menjadi tampak lebih percaya diri.

Daftar pertanyaan yang biasa ditanyakan saat walk in interview?

Berikut adalah beberapa daftar pertanyaan yang biasa diajukan oleh HR saat wawancara atau walk in interview
  1. Ceritakan sedikit tentang diri Anda.
  2. Apa alasan Anda tertarik dengan perusahaan ini?
  3. Mengapa Anda ingin bekerja di industri ini?
  4. Bagaimana pengalaman kerja Anda yang relevan dengan posisi ini?
  5. Apa kekuatan utama yang Anda miliki yang akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan?
  6. Bagaimana Anda menghadapi tantangan dalam pekerjaan sebelumnya dan bagaimana Anda mengatasinya?
  7. Bagaimana cara Anda mengelola waktu dan menghadapi deadline yang ketat?
  8. Ceritakan tentang proyek atau pencapaian yang membuat Anda bangga.
  9. Bagaimana Anda bekerja dalam tim? Apakah Anda lebih suka bekerja secara mandiri atau dalam kelompok?
  10. Bagaimana Anda menangani konflik di tempat kerja?
  11. Bagaimana Anda menilai kemampuan komunikasi Anda?
  12. Apa yang Anda harapkan dari perusahaan ini dalam jangka pendek dan jangka panjang?
  13. Bagaimana Anda menghadapi situasi di mana Anda harus menghadapi tekanan atau bekerja di bawah tekanan?
  14. Apa yang Anda ketahui tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan ini?
  15. Bagaimana Anda melihat diri Anda berkembang dalam peran ini?
  16. Apakah Anda memiliki pertanyaan untuk kami tentang perusahaan atau posisi yang Anda lamar?

Author

Teman Karir

Teman Karir adalah Teman Karir adalah platform yang berisi career hack untuk para job seeker dan pekerja entry level agar dapat mengembangkan kemampuan mereka dan meningkatkan peluang dalam mencapai karir yang di impikan.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.