-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Cara Mencari Pekerjaan yang Sesuai Dengan Bidang Minat!

Minggu, 19 Maret 2023

Bagi fresh graduate sangat penting untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang minat. karna dengan bekerja sesuai dengan bidang minat yang diinginkan akan membantu kamu  membangun karir lebih mudah dan merasakan kepuasan dari apa yang sudah dikerjaan.

Berikut beberapa alasan kenapa kamu sebagai fresh graduate harus mencari pekerjaan sesuai dengan bidang minatmu.

1. Memiliki motivasi dan kepuasan kerja yang tinggi

Saat bekerja pada bidang yang diminati, akan membuat kamu merasa termotivasi untuk bekerja labih giat, selain itu tentunya kamu akan merasakan kepuasan kerja yang lebih tinggi karna dapat bekerja sesuai dengan passion dan minat.

2. Bisa beradaptasi dengan mudah dan mendapatkan keterampilan baru

Fresh graduate yang bekerja pada bidang yang diminatinya akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan tugas yang diberikan. kamu juga tentunya akan termotivasi untuk selalu mengembangkan keterampilan yang kamu miliki pada bidang minatmu.

3. Menemukan kesempatan karir yang lebih baik

Dengan bekerja lebih giat tentunya akan membuka kesempatan untuk menjalin relasi dengan luas dan pengalaman yang relevan dengan bidang minatmu. Hal itu tentunya akan berdampak baik dikemudian hari untuk kelangsungan karirmu atau ketika kamu memiliki kesempatan untuk promosi jabatan.

Karna bersanya manfaat yang kamu rasakan saat bekerja sesuai dengan bidang minat, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu mencari pekerjaan yang sesuai dengan minatmu.

1. Tentukan bidang minat yang diinginkan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan bidang minat yang kamu inginkan. Lakukanlah evaluasi terhadap minat dan kualifikasi yang dimiliki, selain itu kamu juga harus mempertimbangkan nilai-nilai yang penting bagi dirimu.  Dengan mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang minat, akan membantu kamu untuk terus termotivassi.

2. Lakukanlah riset terkait industri dan perusahaan

Setelah kamu tau bidang yang akan kamu geluti, cobalah melakukan mini riset tentang perusahaan mana saja yang berkaitan dengan bidang minatmu. pelajarilah value, pe;uang dan tantangan yang ada pada industri tersebut. Hal yang tidak kalah penting pelajarilah kriteria karyawan yang mereka butuhkan.

3. Pastikan CV dan portofoliomu relevan

Setelah kamu menentukan bidang minat dan industri yangbakan kamu tuju, cobalah membuat CV atau portofoliomu dan pastikan relevan dengan yang kamu tuju.  Hal yang paling penting kamu tekankan adalah keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki dan relevan dengan bidang tersebut. Pastikan juga pengalaman magang atau project yang kamu yang relevan menjadi bagian dari CV atau portofoliomu.

4. Perluas networking atau relasimu

Jaringan profesional sangat berperan penting dalam membantu mencari pekerjaan sesuai dengan bidang minat. Kamu bisa mulai dengan terlibat aktif dalam forum offline yang sesuai dengan bidang minatmu, atau mulai membangun profile profesional kamu di linkedin.

Aplikasi satu ini sudah sangat terbukti dapat membantu kamu memperluas jaringan profesionalmu, tidak jarang kamu juga akan menemukan lowongan kerja yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain.

5. Cari kesempatan magang atau paruh waktu

Magang atau kerja paruh waktu sesuai bidang minatmu bisa menjadi jalan masuk ke perkerjaan yang kamu impikan, kamu akan mempelajari keterampilan baru dan mengenal secara langsung bagaimana kondisi lingkungan kerja yang sebenarnya.

Maksimalkanlah kesempatan ini karna akan sangat berguna untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dikemudian hari

6. Terus kembangkan dirimu

Jangan pernah berhenti untuk selalu mengembangkan keterampilanmu, kamu bisa mengikuti seminar, atau pelatihan yang tersedia dan sesuai dengan keterampilan yang kamu butuhkan.

Untuk menemukan pekerjaan yang sesuai kebutuhan dibutuhkan kesabaran dan ketekunan. jangan pernah menyerah, teruslah mencoba. semoga tips ini dapat membantu kamu menjadi lebih siap untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu dambakan.




Author

Teman Karir

Teman Karir adalah Teman Karir adalah platform yang berisi career hack untuk para job seeker dan pekerja entry level agar dapat mengembangkan kemampuan mereka dan meningkatkan peluang dalam mencapai karir yang di impikan.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.