-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Berikut 10 Spesialisasi di Bidang HR yang Perlu Kamu Ketahui

Minggu, 07 Januari 2024



Ada yang ingin berkarir di dunia HR? Apakah kalian sudah menentukan bidang HR mana yang ingin kalian tekuni? Berikut saya buatkan daftar spesialisasi di bidang HR.

1. Recruitment and Talent Acquisition

Spesialisasi ini berfokus untuk mencari dan memilih talenta terbaik untuk perusahaan. Yang harus kalian kuasai adalah strategi perekrutan, wawancara, dan mengelola proses perekrutan.

2. Compensation and Benefit

Tugasnya adalah mengembangkan dan mengelola struktur kompensasi, gaji, tunjangan karyawan, danskema insentif.

3. Employee Relation

Spesialisasi ini berkaitan dengan pemeliharaan dan peningkatan hubungan antara karyawan dan organisasi.Yang harus dikuasai di bidang ini adalah menangani konflik, keluhan karyawan, tindakan disipliner, dll.

4. Learning and Development

Spesialisasi ini berfokus untuk pembuatan dan penerapan program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan. Mereka melakukan penilaian kebutuhan pelatihan, merancang modul pelatihan, dan mengkoordinasikan inisiatif pengembangan karyawan.

5. HR Information System (HRIS)

Spesialis HRIS menangani manajemen data, pelaporan, dan analitik, memastikan proses HR yang akurat dan efisien.

6. Organizational Development

Berfokus pada strategi perusahaan. Mereka bekerja pada manajemen perusahaan, perubahan culture, dan pengembangan kepemimpinan untuk meningkatkan efektivitas organisasi secara keseluruhan.


7. Performance Management

Spesialisasi dalam perancangan dan penerapan sistem evaluasi kinerja. Menetapkan standar kinerja, menetapkan metrik, dan memberikan panduan tentang peningkatan kinerja dan program penghargaan karyawan.

8. Diversity and Inclusion

Mereka mengembangkan strategi, kebijakan, dan inisiatif yang memupuk keragaman, kesetaraan, dan inklusi di semua aspek organisasi.

9. Labor Relation

Spesialis ini menjaga hubungan perburuhan, seperti menegosiasikan perjanjian, perundingan bersama, menyelesaikan perselisihan, dan memastikan kepatuhan terhadap undang-undang dan peraturan perburuhan.

10. HR Analytics

Spesialisasi ini berfokus pada peningkatan analitik data untuk mendorong pengambilan keputusan dan strategi HR. HR Analytics mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data HR untuk memberikan wawasan tentang tren tenaga kerja, keterlibatan karyawan, manajemen bakat, dll.

Apakah kalian sudah menentukan ingin berfokus pada spesialisasi yang mana?

Author

Teman Karir

Teman Karir adalah Teman Karir adalah platform yang berisi career hack untuk para job seeker dan pekerja entry level agar dapat mengembangkan kemampuan mereka dan meningkatkan peluang dalam mencapai karir yang di impikan.

Semoga Bermanfaat..
Jangan lupa meninggalkan komentar ya.